WhatsApp

Gandum sangat Baik untuk Anak Autistik, ini Penjelasan dari Istri Nabi.

shape image

Gandum sangat Baik untuk Anak Autistik, ini Penjelasan dari Istri Nabi.

Saat Disampaikan bahwa makanan terbaik untuk Autistik adalah gandum, ada beberapa orang yang mempertanyakan Keabsahannya. Terutama, apakah ada Fakta anjuran dari Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam. 

Ini penjelasannya.. 

Pernahkah  setelah kita selesai makan sesuatu, lalu mendapatkan Suasana (mood) Yang lebih baik, Nyaman, aman sentosa? 

Atau sebaliknya, kita memakan sesuatu tapi tiba-tiba  emosi meninggi, perasaan limbung tidak karuan...? 

Secara ilmiah, Para Dokter dan  ilmuwan telah menemukan hubungan erat antara otak dan usus, bahkan  secara saintifik hormon-hormon kebahagiaan 70 sampai dengan 80 Persen diproduksi oleh bakteri di pencernaan. 



rtinya semakin banyak makanan yang sehat dan berserat maka semakin banyak metabolisme tubuh yang akan diperbaiki sehingga semakin banyak hormon kebahagiaan yang terbentuk. 

Makanan berserat dan protein tinggal lebih lama di dalam lambung. Makanan berserat tidak terurai dalam lambung dan usus. Serat sayuran tertentu akan bergerak menuju usus dan menjadi makanan bagi bakteri usus.

Makanan tinggi serat yang Baik untuk memproduksi hormon kebahagiaan sehingga Emosi bisa terkendali adalah Talbinah. 

Talbinah adalah tepung yang berasal dari gandum dari jenis biji Barley. Biji barley sendiri kerap dijadikan bahan baku untuk membuat roti gandum, minuman dan aneka masakan lainnya, karena terbuat dari biji-bijian maka tepung ini tinggi serat.

Ternyata Tepung Gandum jenis ini sudah Mashyur sejak zaman Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam dan dikenal dengan Talbinah. 

عَنْ عَائِشَةَ، زَوْجِ النبيِّ صَلَّى اللَّهُ عليه وسلَّمَ أنَّهَا كَانَتْ إذَا مَا المَيِّتُ مِن أَهْلِهَا فَاجْتَمع لِذلكَ النِّسَاءُ، ثُمَّ تَفَرَّقْنَ إلَّا أَهْلَهَا وَخَاصَّتَهَا أَمَرَتْ ببُرْمَةٍ مِن تَلْبِينَةٍ فَطُبِخَتْ، ثُمَّ صُنِعَ ثَرِيدٌ، فَصُبَّتِ التَّلْبِينَةُ عَلَيْهَا، ثُمَّ قالَتْ: كُلْنَ منها، فإنِّي سَمِعْتُ رَسولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عليه وسلَّمَ يقولُ: التَّلْبِينَةُ مُجِمَّةٌ لِفُؤَادِ المَرِيضِ، تُذْهِبُ بَعْضَ الحُزْنِ

- الراوي : عروة بن الزبير | المحدث : مسلم | المصدر : صحيح مسلم

- الصفحة أو الرقم: 2216 | خلاصة حكم المحدث : [صحيح]


Dari Aisyah Radiyallahu Anha, istri Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam Bahwasanya apabila salah seorang anggota keluarganya meninggal dunia, maka berkumpullah para wanita.

Kemudian mereka berpisah, kecuali keluarga dan orang-orang tertentu. 

Setelah itu, ia (‘Aisyah radhiyallahu ‘anha) menyuruh diambilkan seperiuk talbinah. Lalu dia memasak dan membuat Tsariid. Kemudian dia menuangkan bubur talbinah tersebut di atasnya. 

Setelah itu, ia berkata: “Makanlah bubur ini, Sesungguhnya, aku pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Talbinah dapat menyegarkan hati orang yang sakit dan dapat menghilangkan sebagian rasa sedih”. (H.R Muslim) 

Kesimpulan ;

Aisyah Radhiyallahu ‘anha bermaksud membuat makanan semacam ini ketika ada kematian, karena makanan tersebut dapat menghilangkan kesedihan, dan menghibur hati.

Oleh karena itu, bagi orang yang sering cemas alias Anxiety (Perasaan tidak tentram, mudah sedih) hendaknya rutin makan makanan berbahan dasar Talbinah atau gandum. Untuk hasil yang maksimal hendaknya ditambahkan Ruthob. 

Mengapa Ruthob jadi pilihan? Silahkan dianalisa surat Maryam 25-26. Ada firman Allah yang menarik di sana. 

✅ وَهُزِّیۤ إِلَیۡكِ بِجِذۡعِ ٱلنَّخۡلَةِ تُسَـٰقِطۡ عَلَیۡكِ رُطَبࣰا جَنِیࣰّا (٢٥) 

✅ فَكُلِی وَٱشۡرَبِی وَقَرِّی عَیۡنࣰاۖ فَإِمَّا تَرَیِنَّ مِنَ ٱلۡبَشَرِ أَحَدࣰا فَقُولِیۤ إِنِّی نَذَرۡتُ لِلرَّحۡمَـٰنِ صَوۡمࣰا فَلَنۡ أُكَلِّمَ ٱلۡیَوۡمَ إِنسِیࣰّا (٢٦) 

25. Dan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya (pohon) itu akan menggugurkan buah KURMA YANG MASAK kepadamu

26. Maka makanlah dan minumlah dan BERSENANG HATILAH ENGKAU, Jika engkau melihat seseorang maka katakanlah, "Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Rabb Yang Maha Pengasih, maka aku tidak akan berbicara dengan siapa pun pada hari ini. 

Dan ketika persalinan itu sudah dekat, Maryam merasakan rasa sakit kontraksi yang sangat luar biasa yang memaksanya ia bersandar pada pangkal pohon kurma. Kemudian Allah Swt. memerintahkan Maryam untuk menggerakkan pangkal pohon kurma agar buah kurma matang itu jatuh dan untuk dimakan oleh Maryam setelah melahirkan guna mengembalikan tenaganya yang hilang, Menenangkan jiwa dan menyenangkan hati. 

Jadi, selain Talbinah makanan yang bisa menenangkan hati adalah Kurma masak atau Ruthob. Persamaanya adalah sama-sama memiliki kandungan yang sangat berkhasiat untuk kesehatan. Mulai dari Kalsium, Zat Besi, Kandungan Gula alami, Mineral, Potasium, Vitamin B dan C, Serat alami , dan masih banyak lagi.

Jenis kurma yang dimaksud dalam surat Maryam 25 di atas adalah kurma Ruthob atau kurma Matang, karena Fase Perkembangan buah kurma secara singkat terbagi 3 Fase :

✅ Busr.

Yaitu buah kurma mentah dari bentuk kecil hingga membesar. Busr adalah sebutan untuk Kurma Muda yaitu kurma yang dipetik langsung dari pohon kurma dalam keadaan setengah matang atau mentah. Kurma muda sering dijadikan konsumsi bagi seorang yang sedang menjalani program kehamilan. 

✅ Ruthab. 

Buah kurma yang telah matang sebelum mengering. Rasanya sangat lezat dan manis.  Berbeda dengan Kurma muda, yang ketika dimakan terasa ada rasa sepat-sepatnya. Kurma Muda , jika dibiarkan dalam kurun waktu 1 – 2 minggu Kurma Muda akan berubah matang atau menjadi Ruthab.

Ruthab memiliki beberapa bentuk: Muhalqin, Hulqânah, Syumthânah, ghasîs. 

✅ Tamr. 

Bentuk terakhir dari buah kurma. Kurma Tamr adalah Kurma Kering. Atau kurma yang sudah melalui proses pengeringan terlebih dahulu. Sehingga kurma ini memiliki daya tahan yang sangat lama bisa sampai 1 tahun. Kurma Tamr adalah kurma yang biasa kita jumpai atau konsumsi setiap hari.

Dengan khasiat yang sangat luar biasa ini menjadikan Buah kurma begitu spesial bahkan disebutkan 21 kali dalam Al Quran dan lebih banyak lagi dalam hadis. 

Kurma Medjool California saat ini sudah menjadi salah satu buah yang dijadikan Lifestyle untuk kesehatan di Negara-negara Barat. 

Maka berdasarkan Ayat hadits di atas maka Talbinah dan Ruthob merupakan kombinasi terbaik untuk  mengatasi Anxiety. Cara penyajian Talbinah ini boleh diminum langsung, diseduh air atau di buat makanan seperti bubur dan lain lain. 

Jadi, jika kita sedang mengalami masalah emosi yang tidak terkendali, maka langkah pertama yang perlu diperbaiki adalah dari  makanan yang dikonsumsi. 

Terlebih bagi anak-anak Autistik, pemilihan makanan berkualitas akan membantu menurunkan tingkat hiperaktif, mengendalikan tantrum juga meningkatkan fokus belajar. 

Anxiety atau Perasaan tidak tentram adalah kondisi yang rutin menghiasi hari-hari anak Autistik, maka untuk membantu menentramkan suasana hati mereka sebaiknya para bunda rajin memberikan olahan Talbinah dan kurma Ruthob.

_____

Oleh : Ustadz Khudori Sirojuddin, MA

Mudir Pesantren Inklusi Griya Sunnah Cileungsi Bogor. (Pemerhati Autistik). 





© Copyright 2021 PONDOK PESANTREN GRIYA SUNNAH

Form WhatsApp

Silakan kirim pesan melalui WhatsApp.

Kirim