Shalat Tarawih Boleh di Rumah, ini Ketentuannya.

Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda :

"Barang siapa yang pada bulan itu (Ramadhan) mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. 

Dan, barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu, nilainya sama dengan 70 kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya. 

Keutamaan sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadan." 

(HR. Bukhari-Muslim).

Salah satu bentuk ibadah wajib adalah shalat berjamaah maka pahala shalat berjamaah di bulan ramadhan dilipatgandakan menjadi 70 kali lipat. Sedangkan amalan Kebaikan termasuk yang berkatagori Sunnah maka Pahalanya seperti amalan wajib yang dikerjakan di bulan lainnya. 

Adapun shalat tarawih di bulan ramadhan masuk ke dalam katagori amalan sunnah. Banyak yang bertanya mengenai mana yang lebih utama antara SHALAT TARAWIH  BERJAMAAH DI MASJID ATAU SHALAT SENDIRIAN DI RUMAH ?

Dalam hal ini Syaikh Abdullah Al-Fauzân حفظه اللّٰه pernaj memberikan penjelasan : 

✅ Para ulama memiliki 3 pendapat dalam masalah ini :

القول الأول: 

أن صلاتها في المسجد جماعة أفضل=وهذا قول الجمهور.

√ Pendapat pertama : 

Shalat tarawih dengan carw berjamaah di masjid adalah lebih utama dan ini merupakan pendapat JUMHUR. 

القول الثاني:

 أن صلاتها في البيت أفضل= وهذا قول الإمام مالك.

√ Pendapat yang  kedua : 

Bahwa shalat tarawih Di rumah lebih utama dan ini pendapatnya Imam Mâlik. 

القول الثالث:

 أن من كان حافظا للقرآن ولا يخاف الكسل لو صلى في بيته فصلاته فيه أفضل، وأما من يخاف الكسل أو يحصل عليه تشويش من أهل بيته، فالأفضل أن يصلي في المسجد=وهذا قول عند الشافعية والمالكية.

√ Pendapat yang ketiga : Ada spesifikasi perincian, yaitu :

☑️ Bagi Seorang penghafal Qur'an yang mana dia tidak khawatir malas walaupun shalat di rumah maka lebih utama di rumah. 

☑️ Adapun bagi dia yang khawatir malas atau khawatir mendapat halangan dari keluarganya maka shalat tarawihnya lebih utama di masjid. 

Ini pendapat Mâlikiyyah dan Syâfi'yyah

والقول الأول أرجح.

وأما حديث:

(أفضل الصلاة صلاة المرء في بيته إلا المكتوبة)، فلا حجة فيه على أن التراويح في البيت أفضل، لأن المراد به  مالم تشرع له الجماعة، وأما ما شرعت له الجماعة، كصلاة الكسوف، ففعلها في المسجد أفضل.

Dari ketiga pendapat di atas maka Pendapat pertamalah  yang lebih kuat

Adapun hadist yang berbunyi :

(أفضل الصلاة صلاة المرء في بيته إلا المكتوبة)

Sholat yang paling utama adalah Shalatnya seseorang di rumahnya kecuali sholat wajib

Maka hadits ini tidak bisa menjadi dalil bahwa shalat tarawih di rumah adalah yang paling utama. 

Karena maksud dari hadist ini bahwa shalat sunnah akan lebih utama dikerjakan di rumah selama tidak ada perintah secara berjamaah. 

Adapun shalat sunnah yang disyari'atkan berjama'ah seperti shalat gerhana, (tarawih, red) maka dikerjakan di masjid lebih utama. 

[ روضة الأفهام ١٨/٣ ]



___

Ustadz Khudori

Mudir Pesantren Inklusi Griya Sunnah Cileungsi Bogor 

0 Komentar