Amalan ini tidak lebih dari 30 Detik tapi pahalanya Seabreg-abreg

Rumah Kayu Griya Sunnah

Ada pepatah mengatakan seseorang semakin berilmu maka ia semakin bijak dan semakin banyak tahu rahasia. Semakin banyak tahu rahasia maka semakin mudah untuk beramal. 

Oportunis dalam menjalankan agama itu boleh karena beramal sedikit dalam sunnah itu jauh lebih baik beramal dalam bid'ah. Artinya kita diperbolehkan ngulik amalan mana yang sedikit dan mudah dikerjakan tapi pahalanya fantastis tentunya berdasarkan kepada dalil yang shahih. 

Misalnya Amalan mendoakan kaum muslimin. Amalan ini bisa dikerjakan kurang dari setengah menit atau 30 Detik tapi pahalanya luar biasa yaitu 1 kebaikan yang setara dengan jumlah kaum muslimin. 

Kaum muslimin yang saat ini hidup di dunia saja jumlahnya sekitar 2 miliar jiwa sebagai mana dilaporkan Mastercard dan Crescent Rating bahwa  pada 2022 populasi umat Islam atau muslim sudah mencapai 2 miliar orang dan tersebar di sekitar 200 negara. Jumlah umat Islam tersebut kira-kira setara dengan 25% dari populasi global. Mayoritas atau 67% penganut agama Islam berada di kawasan Asia. 

Contoh Doa yang dimaksud adalah :

ربنا اغفر لي ولوالدي وللمؤمنين يوم يقوم الحساب

Ya Rabb kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapakku, dan sekalian orang-orang Mu'min pada hari terjadinya hisab (hari Kiamat).

[Ibrâhîm/14:41]

ربنا اغفر لنا ولإخواننا الذين سبقونا بالإيمان ولا تجعل في قلوبنا غلا للذين آمنوا ربنا إنك رؤوف رحيم

Ya Rabb kami, beri ampunlah kami dan Sudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman. Ya Rabb kami, sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyanyang. 

[al-Hasyr/59:10]

Bagi orang yang Berdo'a untuk saudaranya sesama muslim dan beristighfar untuk mereka akan diberikan pahala kebaikan sejumlah kaum muslimin dan muslimat yang ia doakan. 

Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda:

من استغفر للمؤمنين وللمؤمنات كتب الله له بكل مؤمن ومؤمنة حسنة.

Barangsiapa memohonkan ampun bagi orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan, maka Allah mencatat baginya satu kebaikan untuk setiap orang mukmin laki-laki dan mukmin perempuan (yang ia do'akan).

Shahiihut Targhiib wat Tarhiib (no. 86) Shahiihul Jaami' (no. 6026)

Selain itu, Fadilah keutamaan dari mendoakan sesama muslim bahwa Allah akan Meluruhkan sifat kedengkian dalam hatinya terhadap orang beriman. 

ولا تجعل في قلوبنا غلا للذين آمنوا

... dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman.. 

___

KhB

Khudori Bagus


0 Komentar